Obyek Wisata Makam Raja - Raja Imogiri Yogyakarta

Assalamuallaikum Sobat Semua.
Obyek Wisata Makam Raja - Raja Imogiri Yogyakarta terletak di Yogyakarta bagian Selatan, tepatnya di Desa Pajimatan Imogiri Bantul Yogyakarta. di lihat dari Judul artikel ini Obyek Wisata Makam Raja - Raja Imogiri Yogyakarta adalah sebuah Kompleks Pemakaman Raja - raja Mataram dan Keturunanya.



riwayat singkat dari Obyek wisata Makam Raja - raja Imogiri Yogyakarta ini menurut Para Warga sekitar
adalah hasil dari Sultan Agung Hanyakrakusuma yang sedang mencari Lokasi tanah untuk Pemakaman Keluarga Sultan .
menurut cerita dari para Warga Sultan Agung Hanyakrakusuma Sangat Sakti, Beliau melemparkan Batu dari Arab , batu tersebut mendarat / jatuh tepat di daerah Perbukitan Pajimatan Giriredjo Imogiri Bantul Yogyakarta. 
menurut cerita dari Para Sesepuh warga setempat, lokasi tempat jatuhnya batu tersebut tercium bau wangi, yang kemudian tempat itulah yang sa'at ini di jadikan sebagai Makam Raja dan Keturunanya.

Obyek Wisata Makam Raja - Raja Imogiri Yogyakarta

walaupn Tempat ini adalah sebuah Makam, namun Obyek Wisata Makam Raja - Raja Imogiri Yogyakarta tempatnya tidak Seram. bahkan Tiap harinya banyak sekali Orang - orang yang berwisata maupun Orang-orang yang ingin Berziarah ke Makam Raja - Raja ini.

tempatnya sangat Sejuk dan adem cocok untuk Refresing Menyegarkan Fikiran. selain itu di sana ada Tangga naik yang kabarnya berjumlah 1000 tangga. anehnya jika kita naik tangga dan menghitung jumlahnya tidak sama dengan Jumlah yang di hitung oleh teman kita ( Pengalaman Pribadi ).
pada bulan Suro di Obyek Wisata Makam Raja - raja ini selalu di adakan Upacara Nawu Kong ( Menguras Tong ).

Para Peziarah dan Wisatawan di sini tidak boleh atau tidak di perkenankan masuk ke Lokasi Makam sembarangan , mereka harus mematuhi Adat atau Peraturan Yang telah di tetapkan di sana. bagi Laki - laki yang ingin masuk di area Makam di haruskan memakai Kain dan atribut Keris  tidak memakai Baju ( Adat Kraton / Keraja'an ). bagi Perempuan yang ingin masuk di Lokasi Makam Raja - raja di haruskan memakai kain dan kemben Sebatas dada bawah lengan, dan juga tidak memakai Baju dan tidak di perkenankan memakai Perhiasan.

di dekat Obyek Wisata Makam Raja - Raja Imogiri Yogyakarta ada Obyek Wisata Makam Seniman atau di sebut juga dengan Makam Giri Sapto. Sesuai dengan namanya Makam Seniman adalah tempat atau Kompleks Pemakaman Para Seniman Terkenal, seperti Sudarsono, Kusbini, Affandi dan masih banyak lagi.
Makam Seniman ini di rintis Oleh R.M.H Sapto Hoedojo dan di bangun pada Tahun 1988 . di makam ini juga Terdapat Tangga Naik yang mungkin jumlahnya mencapai ribuan tangga untuk mencapai Lokasi Puncak. tempat ini banyak sekali terdapat tanaman - tanaman hias yang sangat cocok bagi Para Pecinta Refresing. Tiap Pagi dan Sore Hari tempat ini banyak di kunjungi Oleh Para Pasangan Muda Mudi ataupun para wisatawan.di karenakan tempatnya yang sangat sejuk di tambah lag banyaknya pohon kayu Putih yang menambah suasana menjadi sangat nyaman ketika berada di tempat ini.




Nah Bagi Anda Pecinta Wisata ataupun Zarah silahkan berkunjung ke Obyek Wisata Makam Raja - Raja Imogiri Yogyakarta dan Juga sekalian Mampir di Taman Makam Seniman Pajimatan Giriredjo Imogiri Bantul Yogyakarta.
Akses jalan sangat Mudah, bisa di tempuh dengan Bus , Mobil dll, karna di sana terdapat Parkir Bus dan Mobil yang sangat Luas.
di sana juga banyak para Pedagang yang Siap Melayani Para Pengunjung dengan Aneka Jajanan Khas Daerah Pajimatan.

Saran :
Bagi Para Pengunjung baik itu wisatawan ataupun Para Peziarah silahkan datang dan Berkunjung dengan Etikat Baik, Jangan Melakukan Hal yang Tidak Pantas, karena di Daerah Obyek Wisata Raja - raja ataupun Taman Makam Seniman adalah Merupakan sebuah Makam, daripada nantinya terjadi hal - hal yang tidak di inginkan.

demikian tadi Artikel Saya tentang Obyek Wisata Makam Raja - Raja Imogiri Yogyakarta, semoga Bermanfa'at untuk anda semua, Khususnya Para Pemburu Obyek Wisata Daerah Yogyakarta.

Terimakasih Telah Berkenan Berkunjung di Blog ini.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://irinmedia.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment